Seri 5 Liputan Tabloid Peluang Wirausaha: Strategi Cara Penjualan Kerudung Lukis

Let's Share This Interesting Article To:

Seri Liputan Tentang Kawan-kawan Pelukis Kerudung Termasuk E1 Creative Oleh Tabloid Peluang Wirausaha Pada Tahun 2011

Kami menulis ulang ulasan yang dibuat oleh Majalah Peluang Wira Usaha terhadap bisnis seni lukis kerudung. Pada edisi terbitan 2011 ini mengulas khusus tentang bisnis kami E1CREATIVE dan kawan-kawan pelukis lainnya. Mengulas seluk beluk awal memulai bisnis hingga liputan ini dibuat. Dari modal dan keuntungan serta tentunya peluang usaha yang bisa menjadi inspirasi bagi anda.

Kami akan tulis berseri sesuai dengan jumlah liputan pada tabloid tersebut. Silahkan baca seluruh 5 seri yang kami tulis. Selamat membaca.

penjualan kerudung lukis ulasan majalah peluang usaha

Strategi Cara Memasarkan Kerudung Lukis Dan Produksinya

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang besar, dan sejalan makin meningkatnya jumlah muslimah di Indoesia yang mengenakan jilbab, maka usaha jilbab cukup bagus dikembangkan di Indonesia. Pada bulan Ramadan terutama menjelang Lebaran, biasanya permintaan akan jilbab naik. Karena ada budaya pada masyarakat kita yang sering belanja kebutuhan sandang menjelang hari besar, jadi memang ada musim-musim yang menjadi peak season usaha ini.

Selain fungsi utamanya untuk menutup aurat, jilbab juga sudah menjadi bagian dari fesyen. Karena seperti pada umumnya wanita, pasti tetap ingin tampil selalu menarik.

Baca Juga :  Animasi Kartun Tweety Dilukis Dikerudung

Pengembangan Produk

Hal yang harus dilakukan dalam mengembangkan sebuah produk, yang pertama adalah membuat identitas produk Anda, misalnya dengan cara membuat merek atau brand sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengingat produk tersebut.

Agar sebuah produk melekat di benak konsumen, jadilah yang pertama. Karena, dengan menjadi yang pertama maka akan ada pengakuan dari masyarakat terhadap produk tersebut. Hal tersebut Iantaran sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa produk yang pertama itu lebih baik dari produk setelahnya. Bila tidak bisa menjadi yang pertama maka pelaku usaha diharapkan untuk bisa menjadi yang terbaik. Dengan membuat produk yang terbaik maka dapat dipastikan konsumen mencari produk tersebut.

Jika itu pun sulit dilakukan maka langkah selanjutnya adalah menjadi yang berbeda dari yang Iainnya, dengan membuat produk yang berbeda seperti halnya jilbab lukis ini maka konsumen akan penasaran dan membeli produk tersebut. Karena jilbab lukis pun sudah ada yang mengembangkan, maka buatlah yang berbeda dariyang sudah ada, entah itu dari segi motif atau buat kreasi jilbab lukis yang Iain.

Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasarannya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset terlebih dulu untuk menentukan target pasar atau segmen pasar yang akan dituju. Karena dengan menemukan target pasar, maka pelaku usah jilbab akan mengetahui jilbab produk seperti apa yang akan dibuat, bahan apa, dan motif apa yang akan digunakan, sesuai dengan karakter dan kemampuan target pasar.

Baca Juga :  Lukisan Motif Bunga Mawar

Langkah berikutnya ialah melakukan promosi terutama ke perkumpulan maupun komunitas seperti ibu-ibu pengajian dan lain-lain. Jika pelaku usaha memiliki cukup dana, dapat beriklan di media massa yang sifatnya eksklusif dan segmented, karena dengan demikian diharapkan produk jilbab akan terlihat sangat eksklusif.

Bagi para pelaku usaha jilbab lukis diharapkan segera menemukan segmen pasarnya agar jilbab lukis tidak hilang dimakan oleh trend jilbab yang ada. Sedangkan untuk menghadapi persaingan usaha, maka seorang pelaku usaha jilbab lukis harus unggul dalam masalah desain lukis bahkan jika perlu desain jilbab buatannya hanya ada pada satu produk saja.

Bila dilihat dari kerumitan membuatnya, kendala utama dalam usaha jilbab lukis ini terletak pada desain jilbab, hal tersebut terjadi karena tidak banyak orang yang bisa melukis. Namun hal itulah yang membuat jilbab lukis sebagai barang yang eksklusif dan dijual mahal. Untuk Iebih terlihat eksklusif maka kemasan jilbab pun harus berbeda dengan yang lainnya, kalau biasanya jilbab hanya dibungkus dengan kain maka untuk jilbab lukis ini sebaiknya dibungkus dengan menggunakan paperbag atau kemasan lain yang mampu membuatnya terkesan lebih eksklusif.

Baca Juga :  Kerudung Sutra Lukis Segi Empat oleh Niagati Scarf Painting
(Visited 10 times, 8 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.