Jenis Cat Sutra Dan Beberapa Teknik Unik Cara Melukis Kain Sutra

Let's Share This Interesting Article To:

Melukis Kain Sutra

Melukis kain sutra menjadi pengembangan yang sangat menarik dari seni lukis kain. Jenis kain sutra yang bernilai tinggi dan berharga mahal menjadikannya kain yang sangat ekslusif. Pakaian berbahan sutra yang dapat menampilkan kesan mewah dan elegan. Melukis kain sutra ini tergolong lebih rumit dan banyak teknik yang bisa diterapkan. Hal ini terpengaruh dari jenis sutra itu sendiri yang beragam, sehingga memerlukan perlakuan tersendiri dari tiap-tiap jenis kain. Juga pengaruh dari jenis pewarna sutra yang berbeda-beda, ada jenis cat lukis silk dan ada jenis cat tipe dye untuk sutra.

cara melukis sutra efek garam

Jenis Cat Lukis Sutra

Pada dasarnya menurut sifatnya cat untuk melukis kain sutra terbagi menjadi dua jenis. Yaitu jenis tipe cat lukis dan tipe pewarna dye seperti pewarna batik. Akan saya coba memberikan penjelasan tentang perbedaannya sebagai berikut:

  1. Cat Silk Lukis Kain Sutra, Jenis cat silk ini adalah pengembangan dari cat lukis kain seperti jenis tekstil, namun sudah dirancang ulang menyesuaikan penggunaan untuk melukis sutra. Perbedaan dengan cat tekstil bisa dilihat dari keencerannya, cat lukis silk ini bersifat sangat encer. Biasanya melukisnya menggunakan cat pembatas warna agar tidak bleber yang biasa disebut gutta. Atau jika ingin melukis langsung tanpa bleber bisa mencampur pengental dengan cat silk sehingga tidak bleber lagi. Kelebihan dari cat silk ini adalah proses akhir atau finishing yang mudah dengan hanya cukup dijemur kering lalu disetrika, maka cat lukis silk akan permanen dan tidak akan luntur lagi. Namun kekurangannya adalah bahwa karena tipe cat ini pengembangan dari cat lukis tekstil, maka tingkat kelembutan hasil lukisannya masih sedikit merubah tekstur kain. Namun diluar dari itu cat lukis sutra jenis ini sangat cocok digunakan oleh seniman yang tidak ingin banyak proses dalam menciptakan karyanya karena simpel penggunaannya.
  2. Cat Dye Lukis Sutra, Jenis cat dye ini adalah pengembangan dari pewarna pabrik tekstil atau batik tulis yang sudah dirancang penggunaannya bisa langsung pakai tanpa harus meracik sendiri pewarna batik. Perbedaannya dengan cat batik pada sifatnya tidak ada, kecuali hanya pada cat lukis dye sutra sudah siap pakai sedangkan cat batik harus meracik sendiri kimia cat pewarna batiknya. Untuk cara melukisnya tidak beda jauh dengan cat lukis jenis silk. Namun perbedaan utamanya adalah pada proses akhir finishing pewarnaan yang harus di fiksasi dengan cara panas di steam atau kukus. Kelebihannya adalah hasil pewarnaanya yang halus lebih halus dari cat jenis silk. Namun kekurangannya adalah pada proses akhirnya yang lebih rumit dan terkadang pewarna jenis ini tidak terfiksasi dengan sempurna sehingga masih ada luntur.
Baca Juga :  Cara Melukis Bunga Mawar Di Atas Kain Untuk Baju Berbahan Sifon

lukis mawar kain sutralukis kain gambar bunga mawar dan anggrek

Teknik Melukis Kain Sutra

Banyak teknik dan perlakuan dalam pemprosesan melukis kain sutra, bagi seniman yang sudah ahli tentunya tidak akan bosan-bosan menciptakan karya karena hasil lukisan dari setiap teknik akan berbeda dan sangat unik. Berikut ini beberapa contoh teknik lukis sutra:

  • Teknik Efek Garam, Cara melukis kain sutra dengan teknik ini sangat mudah, hasil pewarnaannya akan menimbulkan efek absrtak yang cantik. Bisa menggunakan cat silk maupun cat dye. Pertama kuaskan pewarna pada kain hingga penuh sesuai ruangan yang diinginkan, bisa dikombinasi dengan pemberian air untuk gradasi. Memadukan warna dapat menciptakan dimensi yang bagus. Taburkan garam kasar, atau garam halus pada pewarna yang masih basah sehingga garam bisa membentuk pola maupun taburan asal sesuai selera. Pewarna akan diserap atau ditarik ke arah garam dan menciptakan semburat warna gelap terang serta bintik dari tempat garam diposisikan. Garam dapur atau garam meja dapat digunakan untuk menghasilkan efek bervariasi.
  • Teknik Outliner Atau Gutta, Cara melukis kain sutra ini menggunakan botol dengan ujung pena lancip, biasa disebut gutta. Cara ini seperti membuat garis lilin cair dengan alat tjanting pada batik. Buatlah garis mengikuti pola desain garis luar gambar pakai aplikator botol gutta. Cobalah menggambar setiap garis dengan halus dan Pastikan semua garis menahan terhubung dengan rapat, karena fungsinya adalah untuk membatasi warna agar tidak bleber. Ini metode aplikasi akan membantu menolak pewarna menembus dari satu daerah ke yang berikutnya. Biarkan garis kering sebelum menambahkan pewarna apapun. Kemudian lakukan pewarnaan hingga selesai semua bidang gambar terisi. Lalu keringkan gambar. Dan lukisan diselesaikan dengan finishing sesuai jenis pewarna yang digunakan.
  • Teknik Watermarking Alkohol, Gunakan cat dye Terapkan lapisan dasar warna untuk mewarnai sutra dan biarkan hingga benar-benar kering. Tambahkan alkohol pada lapisan warna pewarna. Kemudian berikan alkohol lapisan berikutnya hingga terdenaturasi atau membersihkan air, dengan cara mengoles, mengkuas, memercik, dll di atas lapisan pertama. Tanda baru akan mendorong warna dasar ke luar, biasanya
    menghasilkan tanda bermata gelap. Ini teknik dapat berlapis lagi dan lagi membuat pemandangan yang indah dan menciptakan efek tekstur yang abstrak dan unik. Hasilnya selalu bervariasi jadi penting untuk bereksperimen.
Baca Juga :  Design Gambar Bunga Mawar Dan Anggrek Untuk Lukisan Busana Fashion Wanita Selalu Menjadi Favorit

Demikianlah pembahasan kali ini tentang jenis-jenis cat lukis sutra, juga beberapa cara teknik melukis kain sutra. Semoga bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi anda. Untuk berkonsultasi informasi dan kursus serta pemesanan cat lukis kain, dapat menghubungi kami dinomer kontak yang tertera di website ini pada halaman contact us.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Tas Lukis Kanvas

2018-10-05 17:39:52
ade1222cp

18

Cara Menggambar Pola Sket Untuk Melukis Kain

2018-06-03 02:47:27
ade1222cp

18

(Visited 19 times, 3 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *