Bagaimana Peluang Usaha Bisnis Lukis Kain Dan Prospek Jualan Produk-produknya

Let's Share This Interesting Article To:

Bagaimana Peluang Usaha Bisnis Lukis Kain Dan Prospek Jualan Produk-produknya

Pertanyaan ini pasti akan terlintas dibenak kita pada saat baru melihat atau mengenal yang namanya bidang seni lukis kain. Pada saat pertama kali melihat hasil karya lukis diatas kain mungkin kita akan terpesona dan bingung bagaimana cara membuat hiasan seperti ini. Apa benar ini dilukis? Mungkin ini hanya printing.

Ya, memang sebagian pelukis dengan bakat luar biasa mampu menghasilkan karya lukisan yang spektakuler indah dan bagus. Sehingga kita berdejak kagum melihatnya.

Lalu bagaimana peluang usahanya? Bagaimana jika saya bukan orang yang berbakat atau bahkan sama sekali belum pernah melukis. Bagaimana mungkin saya bisa menjalankan bisnis ini.

Tidak ada yang tidak mungkin. Pada dasarnya hanyalah tekat yang kuat untuk memulai dan konsisten berkarya, apapun hasilnya tidak menyerah. Khusus untuk bidang lukis ini, jadikanlah sebagai  hobi agar tidak ada beban bagi kita untuk maju.

Kami telah mengajarkan seni lukis kain ini sejak tahun 2000 an dengan jumlah murid mungkin sudah ratusan. Telah melihat sendiri perkembangan murid-murid dari waktu kewaktu. Bahkan sebagian dari murid sama sekali belum pernah melukis. Namun dengan semangat  dan tekat terus menjalankan hobi ini. Hingga kami dengan bangga dapat melihat sebagian diantara murid telah menjadikan usaha lukis kain ini sebagai penambah pendapatan keluarga, bahkan sebagai pekerjaan utama.

Mungkin pada awal kita memulai akan terlihat kekakuan pada hasil lukisannya. Namun seiring banyaknya hasil yang kita buat, maka akan terlihat perbedaan kemampuan dan peningkatan insting seni lukisnya. Setelah kita memulai untuk berlatih dengan konsisten dan telah menghasilkan karya yang makin bagus. Kemudian langkah berikutnya adalah memulai memperkenalkan karya kita sebagai bisnis. Bagaimanakah peluangnya?

Baca Juga :  Perkiraan Modal Usaha Lukis Kain, Keuntungan Dan Berapa Lama Balik Modal

Peluang usaha bidang ini termasuk sangat besar dan luas cakupannya. Khusus untuk seni lukis kain ini memiliki konsumen yang tidak terbatas usia dan gender. Customer bisa mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua, juga untuk wanita dan pria.

Lebih hebatnya lagi adalah bidang kerja atau produk yang dihasilkan bisa sangat beragam. Dari kategori fashion, interior, souvenir, asesoris, dan lain sebagainya. Bidang fashion contohnya adalah baju, gaun, blus, selendang, kerudung, kaos, sepatu, dll. Interior dapat meliputi gorden, taplak, sarung bantal, sprei, tutup galon, tutup kulkas, tempat tissu, dll. Lalu asesoris seperti tas, dompet, topi, kipas, dll.

PAMERAN HARI KOPERASI kerajinan lukis kain kerudung

Intinya adalah mulailah dari ketertarikan atau minat kita, atau mungkin bidang usaha yang selama ini sudah dijalani. Semisal selama ini kita berbisnis dibidang butik bisa diterapkan pada design rancangan anda. Juga bidang lain seperti pembuat asesoris atau bisa juga mengambil pasar umur tertentu dari kalangan usia anak, remaja, atau dewasa. Banyak sekali peluang.

Kalau sudah berjalan dan banyak pesanan bagaimana? Sedangkan tangan akan kewalahan melukis sendiri. Jangan khawatir, karna kita bisa membayar jasa lukis. Banyak teman-teman pelukis khususnya lukis kain yang akan dengan senang hati membantu pekerjannya. Contohnya adalah kami dari team E1 Creative atau MM Craft yang membuka jasa melukis kain.

Baca Juga :  Seri 1 Liputan Tabloid Peluang Wirausaha: Untung Besar Dari Kerudung Lukis

Jadi tinggal anda kembangkan terus pasar. Agar anda semakin dikenal sebagai seniman pengusaha lukis kain. Dengan pangsa pasar luas dari kelas menengah sampai atas. Anda dapat membidik sasaran pasar. Bedakan karya anda dari kelas lukisan sederhana, menengah hingga exlusive. Sehingga dapat menciptakan fariasi harga bagi berbagai kalangan.

gallery lukis kain mm craft

Bagaimana dengan pemasaran. Pada awal memulai usaha, terutama saat belajar mengembangkan bakat melukisnya, pasar yang dibidik adakah kalangan dekat semisal keluarga, tetangga, sahabat yang akan dari mulut kemulut memperkenalkan anda kepada sekitar akan hobi dan bisnis unik kita.

Jika sudah semakin mahir dan kita sudah mulai dikenal dikalangan dekat sebagai seniman pengrajin lukis kain, selanjutnya saatnya mengembangkan sayap memperkenalkan kepada orang banyak. Bagaimana caranya? Dengan terus mengembangkan persahabatan dan kolega yang semakin luas, dan perbanyaklah berkenalan dengan seniman lainnya agar kita semakin kreatif dalam berbisnis.

Setelah semakin luas jaringan pemasaran, maka mungkin inilah saatnya memperkenalkan kepada calon customer yang lebih luas. Yaitu dengan cara online. Mengapa online? Karena bisnis online melalui internet akan memperkenalkan produk kita lebih luas keseluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Dengan online pun biaya akan lebih murah dibandingkan iklan misal di media cetak. Bisa dengan media sosial seperti facebook, instagram, tweeter. Bisa juga dengan market place yang mudah kita download aplikasinya seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dll.

Baca Juga :  Karikatur Wajah Unik Bantal Lukis Karya Avrillia Art

Demikian sedikit inspirasi yang dapat kita pelajari untuk serius dan tekun memulai dan menjalankan hobi dan bisnis lukis kain ini. Semoga bermanfaat dan dapat semakin meningkatkan semangat kita untuk terus berkarya.

Salam semangat dari team MM Craft dan E1 Creative.

kaos lukis unik jumputanpelatihan kursus lukis jilbabpameran kerajinan umkm indonesia

(Visited 308 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *