Tentang Kain Sutra

contoh kain sutra untaian
Let's Share This Interesting Article To:

Kain Sutra

Sutra telah memimpin selama berabad-abad sebagai ratu tekstil. Sutra merupakan serat kain alam terbaik dengan nilai termahal dan mewah. Ini adalah serat kain dari zaman dinasti kuno, sutra yang berkilau dengan teknik tenunan rahasia kerajaan, penuh sejarah dari negeri yang jauh. Dengan penemuannya di China lebih dari lima ribu tahun yang lalu, budaya di seluruh dunia bersaing untuk mengungkap misteri seri budaya dan ilmu memproduksi sutra.

contoh kain sutra untaian

Sutra merupakan Hadiah dari alam Keajaiban pemberian sang Pencipta. Serat kain sutra yang dicari ini, dihasilkan dari benang kepompong ulat sutera. Bahkan di era modern dengan teknologi tinggi ini kita tetap harus bergantung pada seekor ulat sutra. Dari sekian banyak spesies ulat penghasil sutera, ngengat sutra murbei, Bombyx Mori,  memasok sembilan puluh sembilan persen dari sutra komersial dunia saat ini.

Sisa sutra dunia berasal dari berbagai macam ngengat sutra yang kepompongnya dikumpulkan dari alam liar atau semi lingkungan yang dibudidayakan. Setiap spesies, seperti Eri, Muga, atau Tussah, menghasilkan untaian unik tersendiri pada hasil kain sutra. Dari kepompong ulat sutera, helaian serat elastis yang kuat digulung dan dapat mencapai hingga Panjang 3000 meter. Serat sutra tunggal ini seragam, tetapi terlalu halus untuk ditenun menjadi kain. Empat ke sepuluh helai harus diputar gulung bersama untuk menciptakan benang praktis yang tahan lama. Benang itu kemudian dijalin ke dalam berbagai kain tenun, mempertahankan keindahan dan kualitas luminescent yang secara alami tercipta.

BACA JUGA :  Jenis Cat Sutra Dan Beberapa Teknik Unik Cara Melukis Kain Sutra

Video Proses Melukis Kain Sutra

Lukis Sutra

Dengan keindahan kain sutra yang istimewa membuat sutra menjadi menyenangkan untuk dilukis tangan. Para seniman menuangkan karyanya dengan hasil yang indah selama berabad-abad. Sutra adalah serat protein dan memiliki berbagai macam jenis tenun, beberapa diantaranya cocok untuk lukisan sutra semisal jenis HABOTAI, PONGEE, CHIFFON, CREPE DECHINE, CREPE GEORGETTE, SUTRA SATIN, JACQUARD, TWILL, TUSSAH, SILK NOILE, CHARMEUSE, SUTRA BELUDRU, dll.

Dengan begitu banyaknya jenis kain sutra, maka tentunya membuat berkarya sangat menyenangkan. Menemukan ide-ide baru dalam setiap rancangan desain lukisan kain sutra. Tidak akan ada habisnya mempelajari dan menimba ilmu tentang melukis diatas kain sutra. Selamat menemukan ide dan berkreasi diatas sutra.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Menggambar Pola Sket Untuk Melukis Kain

2018-06-03 02:47:27
ade1222cp

18

(Visited 8 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.