Untuk Menghasilkan Lukisan Kain Terbaik Perlu Ikuti Lagkah-Langkah Ini

Let's Share This Interesting Article To:

Beberapa hal dalam tulisan  ini akan membantu anda menghasilkan karya kreasi lukisan yang bagus. Meningkatkan kualitas hasil gambar pada kain. Tambahan sedikit pengetahuan tentang seni lukis kain.

kaos lukis harry potter cat lukis kaos

Beberapa Tips Praktis Lukis Kain Untuk Dapatkan Hasil Yang Baik

  • Cat Kaos lukis atau cat kain textile MM beberapa warna dan kuas cukup membuka peluang tanpa akhir untuk mengubah lemari pakaian dan rumah Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membuat karya seni yang dapat dikenakan (t-shirt adalah yang paling umum) atau untuk mendesain beberapa sarung bantal, tirai, atau hiasan dinding.
  • Semua jenis kain dapat dilukis menggunakan cat tekstil MM. Kaos, levis denim jeans, katun, sifon, kanvas, belacu, rayon dan sampai sutra juga bisa. Jangan ragu melukis semua barang dari kain.
  • Kain cenderung menyerap cat lukis, cat merembes melalui serat benang. Sangat wajar. Jika kain berwarna muda bisa langsung dilukis. Jika kain berwarna gelap dan menyerap cat, maka bidang gambar harus diberi cat dasar cat textile MM warna putih, setelah putih kering barulah mulai lukis warna.
  • Prewash or Not to Prewash? Alasan untuk mencuci kain sebelum melukis adalah untuk menghilangkan kimia atau kanji saat pembuatan kain yang dapat mencegah cat menempel ke permukaan kain. Ini juga memberinya kesempatan untuk menyusut, jika itu akan terjadi. Untuk menguji apakah sepotong kain benar-benar perlu pra-cuci, teteskan sedikit air di atasnya. Jika air tetap di permukaan tidak merembes, maka perlu dicuci. Jika terserap baik maka boleh langsung melukis. Akan tetapi ini bisa dilewatkan dan pada dasarnya langsung melukis pada semua jenis kain tidaklah menimbulkan masalah.
  • Prewash dengan Softener saat mencuci kain sebelum lukis? Jangan tambahkan pelembut kain! Anda mencoba menyingkirkan bahan kimia, bukan menambahkan bahan kimia baru. Gunakan saja air tanpa tambahan sabun apapun.
  • Singkirkan Kerutan, Luangkan waktu untuk menyetrika kain dengan baik. Kerutan dapat menciptakan kerusakan pada desain saat melukis.
  • The Heat is On. Cara terbaik untuk fixasi cat kain adalah menyetrikanya selama beberapa menit. Setrika sisi belakang dari gambar dikain. Atau jika setrika dari depan gambar, lapisi kain agar cat tidak menempel pada setrika. Biarkan cat benar-benar kering sebelum menyetrikanya, setidaknya 24 jam.
  • Jika Anda memiliki proyek besar dan terburu-buru, Anda bisa keringkan cat dengan hairdryer. Lalu menyetrikanya seperti cara diatas. Namun tetap untuk hasil terbaik adalah pengeringan dengan sendirinya ditaruh di suhu ruangan setidaknya 24 jam.
  • Teknik lukis basahan dengan Membasahi kain dengan air bersih sebelum melukis itu mendorong warna mengalir ke satu sama lain atau biasa disebut efek air, seperti dalam cat air. Dan juga mengencerkan cat dengan air. Membuat motif abstrak dan gradasi background halus.
  • Stamping dan stensil pada kain bekerja baik jika Anda bekerja di atas permukaan yang empuk, alasi kain yg akan dilukis misal dengan kain sarung bekas yg tak terpakai.
  • Bleach bidang gambar dikain warna gelap dapat digunakan untuk menghilangkan (discharge) pewarna dalam kain sebelum dilukis. Gunakan sikat untuk menerapkan pemutih, juga sarung tangan sehingga Anda tidak mendapatkan pemutih pada kulit Anda. Bekerja paling baik dengan warna gelap. Untuk menghentikan aksi pemutih, bersihkan kain dengan air. Namun Pemutih akan membuat kain jadi lebih rapuh.
  • Desain Satu Sisi baju kaos, Ingat ketika melukis t-shirt untuk memasukkan pembatas seperti triplek kedalam kaos sehingga cat tidak merembes ke bagian belakang baju.
Baca Juga :  Bikin Lukisan Mural Di Tembok Pakai Cat Otomotif Untuk Mobil Atau Motor Gambar Batik Dan Pohon Bambu

Semoga tulisan beberapa tips tambahan melukis kain ini dapat bermanfaat. Selamat berkarya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Semua Tentang Lukis Kain Ada Disini

2015-10-13 16:25:11
ade1222cp

18

Cara Menggambar Pola Sket Untuk Melukis Kain

2018-06-03 02:47:27
ade1222cp

8

(Visited 10 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.