Penjelasan Lengkap Tentang Warna Untuk Belajar Melukis Dan Design

Let's Share This Interesting Article To:

Dalam mempelajari tentang seni rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang warna. Setiap karya seni atau hal apapun yang ada disekitar kita, memiliki keindahan dengan unsur warna yang dapat kita lihat. Warna membangun setiap bentuk dari karya buatan manusia juga buatan Sang Pencipta.

Apapun bentuk dan warnanya, entah itu karya dengan banyak warna ataupun monokrom dengan satu atau dua warna pembangun, tentu saja setiap karya seni pasti memiliki nilai keindahan. Berikut ini kami memberikan beberapa pengetahuan penjelasan tentang warna.

Pengertian Tentang Warna

Warna adalah merupakan unsur rupa yang memberikan nuansa bagi terciptanya sebuah karya seni, dengan adanya warna maka dapat ditampilkan karya seni rupa yang menarik dan menyenangkan. Dengan Melalui berbagai kajian dan eksperimen, jenis warna dapat diklasifikasi ke dalam tiga jenis yaitu Warna Primer, Warna Sekunder, Warna Tersier.

lingkaran warna untuk mencampur cat colour wheel

Warna Primer, Sekunder, Tersier

  • Pengertian Warna Primer adalah warna yang tidak dapat diperoleh dari pencampuran warna lain, warna inti pokok atau dengan kata lain warna yang terbebas dari unsur warna-warna lain. seperti ( merah, kuning, biru ).
  • Pengertian Warna Sekunder adalah warna yang merupakan pencampuran dari dua warna Primer. Misalnya warna biru dicampur dengan warna kuning menjadi warna hijau, warna biru dicampur dengan warna merah menjadi warna ungu atau violet, warna merah dicampur dengan warna kuning menjadi warna orange.
  • Pengertian Warna Tersier Adalah warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna sekunder dan atau warna primer dengan sekunder. Misalnya warna hijau dicampur orange menjadi coklat atau bisa juga campuran dari warna hijau dan merah untuk menjadi warna olive dan juga bisa mencapai warna coklat.
Baca Juga :  Pelatihan Lukis Disekolah SMK MANDIRI Bekasi Praktek Seni Budaya

Fungsi Warna

  • Warna dapat memberikan pengaruh kejiwaan (fungsi psikologis), seperti misalkan warna hijau dan putih dalam kedokteran memberikan efek perasaan tenang.
  • Warna juga memberi pengaruh terhadap keindahan setiap hal atau karya seni (fungsi estetis).
  • Warna dapat memberi pengaruh perlambangan (fungsi simbolik), simbol yang digunakan baik untuk kepentingan pribadi, kelompok maupun yang bersifat formal, informal dan asosiatif.

cat untuk melukis disemua produk berbahan kain

Istilah-istilah Teknis Dalam Warna

  • Hue: Dicetuskan oleh Munsell sebagai sebutan untuk warna primer; merah, kuning dan biru.
  • Value: adalah warna-warna yang memberi kesan gelap terang atau gejala warna dalam perbandingan hitam dan putih. Apabila suatu warna ditambah dengan warna putih akan tinggi valuenya dan apabila ditambah hitam akan lemah valuenya. Warna kuning mempunyai value yang tinggi, warna biru mempunyai value rendah.
  • Intensity: adalah hubungan kemurnian warna untuk menunjuk kekuatan warna. Hal ini akan menghasilkan cerah tidaknya suatu warna. Misalnya menambah warna kuning pada merah suram bisa mengubah menjadi jingga yang keras. Namun pemberian pigmen putih seringkali mematikan intensitas, karena membuatnya pucat menjadi warna-warna pastel.
  • Complementer: adalah warna yang kontras atau warna yang saling berhadapan dalam lingkaran warna. Contohnya, warna kuning dengan ungu, merah dengan hijau, biru dengan jingga.
  • Analogus: adalah warna yang letaknya berdekatan (dalam lingkaran warna)
  • Warna hangat dan sejuk:
    Warna hangat adalah warna yang menyolok dan bersifat mendekat bagi yang melihat, seperti warna merah, kuning dan jingga. Sedangkan warna sejuk adalah warna kebalikan dari warna hangat dan bersifat menjauh bagi yang melihat, seperti biru dan hijau.
  • Tone (warna kromatik)
    Warna ini juga disebut nada warna, yaitu warna dilihat dari tingkat kecerahan atau keredupannya yang terdiri dari:
    Warna mono-kromatik, yaitu tingkat kecerahan dan keredupannya bertolak dari satu warna.
    Warna poli-kromatik, yaitu yang tingkat kecerahan dan keredupannya bertolak dari lebih dari satu warna.
Baca Juga :  Melukis Desain Ekslusif Mawar Hitam Diatas Baju Putih

Demikian sedikit penjelasan tentang warna. Ilmu yang selalu diterapkan dalam membuat sebuah karya seni juga design. Juga apapun benda yang kita buat sudah pasti memiliki unsur warna. Dari membangun rumah, membuat perabotan dan peralatan, menciptakan dan merancang busana, hingga membuat rambu jalan. Setiap hal sudah pasti ada unsur warna dan memiliki makna pada setiap warna.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.