Mengapa Harus Melukis Kain? Ayo Kita Mencobanya Di Kaos, Baju, Sepatu, Kerudung, dll

Let's Share This Interesting Article To:

Pernahkah Anda ingin menghias T-shirt atau menambahkan desain berwarna-warni ke celana jeans? Tahukah Anda ada banyak cara untuk melukis pada kain? Dalam pelajaran ini mari kita jelajahi dasar-dasar teknik melukis kain.

Anda bisa menghias kain dengan banyak teknik melukis kain, metode menggunakan cat, kuas dan alat-alat lain untuk menerapkan gambar dan desain pada semua jenis kain.

gallery lukis kain mm craft

Mengapa Melukis Kain?

Orang-orang telah melukis di kain selama ribuan tahun, dan seniman di tempat-tempat seperti Asia dan India mengembangkan banyak metode pengecatan kain secara khusus. Untuk ide, Anda mungkin ingin mengunjungi museum lokal dan melihat apakah mereka telah menampilkan karya melukis kain dalam koleksi mereka. Contoh yang menyenangkan bisa dilihat misal dari museum sejarah dari lukisan sutra Cina.

Lukisan kain dapat digunakan untuk menghias semuanya, mulai dari pakaian hingga perabotan rumah seperti tirai dan taplak meja. Ini membuka segala macam kemungkinan untuk meciptakan ekspresi kreatif, memungkinkan Anda untuk membuat karya seni menarik yang unik, dan tentunya itu tidak sulit untuk dilakukan.

Langkah Pertama Melukis Kain

Pertama, Anda harus memilih kain untuk dilukis. Ada banyak jenis kain sintetis dan alami, dan beberapa jenis sangat baik dan mudah dilukis. Pilihan yang baik termasuk denim, kaos, linen, katun, campuran kapas dan sutra.

Baca Juga :  Kursus Lukis Kain Pasti Bisa, Pelatihan Bagi Perorangan Maupun Kelompok

Setelah Anda memilih kain, langkah penting berikutnya adalah mencucinya. Tapi jangan gunakan pelembut kain apa pun, hanya dengan air. Mencuci menghilangkan bahan kimia finishing kain, zat seperti lilin, pati kanji, atau penolak noda. Zat tersebut ditambahkan ke kain karena berbagai alasan dan mereka dapat mencegah cat dari melekatkan kain. Anda kemudian harus mengeringkan kain dan meregangkannya agar rata. Tidak perlu menyetrikanya, tetapi tentu Anda mungkin merasa lebih mudah untuk bekerja pada permukaan yang halus.

Jika Anda melukis desain pada T-shirt atau permukaan apa pun di mana Anda hanya ingin desain di satu sisi, pastikan untuk meletakkan pembatas seperti triplek atau karton di bawah permukaan yang Anda lukis. Jika tidak, beberapa cat mungkin mengalir ke tempat-tempat di mana Anda tidak menginginkannya.

Cat Digunakan Untuk Melukis Kain

Saat ini, seniman memiliki banyak pilihan cat. Beberapa perusahaan membuat cat khusus untuk kain. Contohnya termasuk Warna Tekstil Jacquard dan Cat Kain Setacolor dan Lefranc & Bourgeois. Karena cat Import tentu saja berharga mahal perbotolnya.

Tetapi bagi anda pemula atau pengusaha dengan berbudget rendah, anda bisa gunakan cat lukis kain produk kami dari E1Creative & MM Craft dengan Merk MM. Cat MM dengan kualitas standard yang setara dengan cat import dari Eropa dan Amerika diatas. Yang bisa dipesan melalui kontak di website ini.

Baca Juga :  Membuat Topi Lukis Bisa Dijadikan Bisnis, Lukisnya Pakai Cat Textile MM

Teknik Lukisan Kain

Sekarang Anda siap melukis. Gambar dapat dibuat bebas langsung freehand dengan kuas dan cat. Bisa juga diterapkan dengan menempatkan cat di atas stensil, pola yang memiliki desain dipotong. Untuk membuat stensil gambar pada kain, letakkan stensil di atas bagian kain dan kemudian beri cat ke atasnya. Ketika Anda melepas stensil, area yang dicat tetap bergambar. Teknik sederhana seperti sablon didasarkan pada stensil.

Teknik lain, lukisan ber liner garis, biasa dilakukan pada sutra. Sebelum setiap pekerjaan dimulai, sutra direntangkan pada bingkai agar tetap rapat dan tidak kusut. Proses lukisan dimulai dengan membuat garis luar gambar menggunakan gutta resist. Hambatan gutta yang menahan cat atau tinta tidak keluar garis bidang gambar, karena sifat cat sutra yang encer dan meresap.

Anda mulai dengan menggambar desain pada kain. Kemudian, dengan menggunakan botol kecil berujung lancip berisi cat yang disebut gutta, buat garis gambar hingga sempurna, pastikan untuk menutup semua ruang sehingga Anda tidak memiliki celah di garis yang membuat cat merembes keluar garis. Setelah itu diwarnai dan selesai.

Baca Juga :  Tips melukis menggunakan cat Textile MM

Tulisan ini adalah gambaran singkat memproduksi produk lukis kain. Silahkan baca-baca semua artikel di website ini. Banyak pelajaran yang bisa didapat. Semoga bermanfaat.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.