Ingin Memulai Bisnis Lukis Kain? Ini Beberapa Alat Dan Bahan Yang Harus Anda Siapkan

Let's Share This Interesting Article To:

Lukisan Kain, Apa yang Harus Anda Mulai

Ada banyak kesenangan kreatif yang bisa didapat dari lukisan kain, entah itu menghias t-shirt, sarung bantal, taplak meja, atau tas, atau mungkin mengecat sepotong kain untuk proyek kerajinan atau menjahit.

Titik awalnya adalah menyediakan berbagai peralatan dan bahan yang mudah dan tersedia disekitar kita sehingga Anda tidak sulit memulai berkreasi. Maka Anda perlu sedikit ruang untuk bekerja (meja dapur sangat ideal untuk bekerja jika Anda melindunginya dengan plastik atau kertas koran misalnya).

PAMERAN seni lukis kain kerudung jilbab HARI KOPERASI kerajinan lukis kain kerudung

Kain Untuk Melukis

Ini membosankan untuk dilakukan, tetapi mencuci kain apa pun yang akan Anda lukis sangat penting. Apa yang dilakukan adalah menghilangkan lapisan yang mungkin ada pada kain yang mengganggu cat yang akan menempel pada kain. Jangan menambahkan pelembut kain saat Anda mencuci, cukup cuci menggunakan air tanpa sabun.

Namun proses mencuci ini tidak harus dilakukan, anda bisa langsung melukis tanpa kain dicuci terlebih dahulu. Juga tidaklah penting untuk menyetrika kain sebelum Anda mulai melukis, meskipun permukaan yang rata lebih mudah untuk dicat daripada yang kusut, ini pilihan anda tergantung mood saat akan mulai melukis. Boleh setrika boleh tidak.

Sepotong Papan Triplek Atau Kardus

Jika Anda melukis t-shirt atau sarung bantal, Anda tidak ingin cat merembes dari depan di mana Anda melukis desain Anda kebagian lapisan belakang kain. Cegah ini dengan memasukkan selembar kardus atau papan triplek ke dalam kaos atau sarung bantal. Kardus yang masih bagus, yang tidak memiliki lipatan yang dapat menyebabkan mengganggu kuas cat Anda saat melukis dan mengacaukan gambar.

Baca Juga :  MEMPERKENALKAN CAT LUKIS TEXTILE MM UNTUK PRAKTEK SENI DAN KERAJINAN SEKOLAH

Kuas Lukis

Anda tidak perlu sesuatu yang mewah! Kuas dengan bulu kaku yang cukup pendek sangat ideal karena membantu mendorong cat ke dalam serat kain. Misal kuas merk eterna yang dipotong dan dirapikan bulunya menggunakan pisau cutter. Atau kuas merk lyra yang bisa langsung dipakai karena bulunya sudah cukup pendek.

Wadah Dengan Air Bersih

Gunakan toples selai atau gelas dan semacamnya sebagai wadah air untuk mencuci kuas Anda secara teratur saat Anda melukis. Mengontaminasi satu warna secara tidak sengaja dengan warna yang lain merupakan gangguan yang mudah dihindari.

Tisu atau Lap

Siapkan beberapa lap pembersih, segulung handuk atau tissu untuk membersihkan air yang berlebih dan cat yang tidak diinginkan dari kuas, untuk menjaga tangan tetap bersih, dan jika Anda menumpahkan cat. Setelah selesai mengecat, bersihkan sebanyak sisa cat sebelum Anda mencucinya.

Baca Juga :  Kerudung Sutra Lukis Segi Empat oleh Niagati Scarf Painting

Jika Anda meletakkan trilpek pas di bawah kain yang Anda lukis untuk melindungi meja, misalnya, hindari menggunakan sesuatu yang sangat bertekstur karena dapat menciptakan tekstur yang tidak diinginkan dalam lukisan.

Sebuah Setrika

Kebanyakan cat kain membutuhkan finishing panas, biasanya dengan menyetrika cat selama beberapa menit. Anda dapat menggunakan setrikaan yang biasa Anda gunakan untuk pakaian Anda, tetapi berhati-hatilah jika Anda tidak sabar dengan proyek lukis kain, jika Anda menyetrika sementara ada beberapa cat yang masih basah, Anda akan merusak lukisan Anda. Menempatkan kain tipis di atas barang yang dicat Anda akan menyetrika akan membantu mencegah hal ini.

Cat Kain Berbagai Macam Warna

Cat lukis kain apa yang digunakan adalah pilihan tersulit untuk dibuat. Ada begitu banyak merek yang tersedia. Anda menginginkan cat yang tidak terlalu tipis (atau akan merembes ke dalam kain di mana Anda tidak menginginkannya) atau tidak terlalu tebal (atau akan sulit untuk menyebar secara merata di area yang lebih luas) dan tidak akan menjadi kaku.

Anda harus mencoba melukis menggunakan cat lukis textile MM pada setiap media lukis anda yang berbeda-beda untuk melihat hasilnya. Sehingga anda hafal setiap karakter kain yg anda lukis.

Baca Juga :  Mengenal Arti Seni Rupa
(Visited 61 times, 4 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *