Kaitan Makna Kesenian Dengan Kebudayaan

Let's Share This Interesting Article To:

Kaitan Kesenian Dengan Kebudayaan

tmp_10822-arts-logo-492449107

Kesenian sebagai unsur kebudayaan, tumbuh ibarat pohon yang berbatang, berdahan dan bercabang serta menghasilkan buah. Buah seni disebut karya seni. Sebagai salah satu unsur kebudayaan, kesenian tidak dapat dipisahkan dengan unsur lainnya antar lain: sistem religi (upacara keagamaan), sistem dan organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, sistem pencaharian hidup dan sistem teknologi dan peralatan.

Karya seni adalah ciptaan manusia dan dihadirkan untuk manusia, lepas dari masalah baik dan buruk, indah atau tidak, bermanfaat atau tidak untuk kehidupan manusia. Sejarah perkembangan manusia telah menunjukan bahwa seni senantiasa hadir dalam kehidupan manusia.

Seni Rupa

Seni rupa adalah bentuk seni yang ekspresinya tertuang kedalam 2 atau 3 dimensi. Bentuk seni ini mempunyai rupa, sehingga dapat disaksikan (visual). Di dalam perkembangannya, seni rupa dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Seni Murni

Istilah “murni” dipergunakan untuk mempertegas bahwa bentuk seni rupa ini sangat didorong oleh kehendak nurani untuk menciptakan sesuatu yang tidak ada sangkutpautnya dengan kebutuhan fisik manusia. Ia lebih merupakan rohani. Bentuk seni ini sudah ada sejak manusia ada seperti lukisan gua manusia purba. Hingga kini dorongan kehendak nurani untuk meciptakan bentuk seni murni masih tetap ada di tengah-tengah kehidupan manusia yang kehidupannya diwarnai oleh teknologi. Perbedaan bentuk 2 dan 3 dimensi, serta perbedaan teknik telah membagi seni murni dalam tiga cabang, yaitu:

BACA JUGA :  PENAWARAN CAT LUKIS TEXTILE MM Dan Alat Praktek UNTUK SENI BUDAYA DAN KERAJINAN SEKOLAH

– Seni lukis
Menekankan pada penciptaan bentuk seni rupa 2 dimensi melalui proses kreatif secara langsung.
– Seni grafis
Menekankan pada penciptaan bentuk seni rupa melalui proses teknik cetak atau tidak langsung.
– Seni patung
Menekankan pada penciptaan bentuk seni rupa 3 dimensi melalui proses kreatif secara langsung maupun tidak langsung.

Seni Kriya

Pengertian baku secara universal adalah bahwa kriya merupakan kegiatan kreatif yang menciptakan bentuk yang dibutuhkan secara fisik oleh manusia. Barang-barang tersebut tercipta melalui keterampilan tangan. Berbeda dengan desain yang menghasilkan gagasan dalam bentuk gambar, maka kriya langsung menghasilkan barang dari tangan sang pencipta.

Desain

Desain adalah suatu kegitan didalam seni rupa yang berkaitan erat dengan teknologi. Pengertian desain dirumuskan sebagai, suatu proses kreatif yang menghasilkan bentuk objek yang bernilai, serta dibutuhkan masyarakat. Nilai tersebut tidak semata-mata terletak pada visual saja tapi pada prinsipnya terjadi karena ada hubungan struktural dan fungsional sebagai suatu sistem yang terpadu. Kegiatan desain mencakup berbagai aspek dalam kehidupan manusia yang terus berkembang. Kegiatan desain dalam seni rupa tidak berdiri sendiri karena hasilnya merupakan hasil kerjasama dengan disiplin lain diluar seni rupa. Salah satu cabang dari desain dalam kaitannya dengan komunikasi adalah desain grafis, yang menekankan pada perencanaan bentuk sebagai media komunikasi massal dengan tujuan yang hakiki adalah untuk menyampaikan pesan dalam bentuk visual (gambar, tulisan) secara cepat dan sasaran yang tepat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Mengenal Kebudayaan dan Kesenian Indonesia

2016-06-12 16:58:44
ade1222cp

18

(Visited 433 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To: