Membuat Lukisan Abstrak Batik Pada Baju Kemeja Putih

Let's Share This Interesting Article To:

Membuat Lukisan Abstrak Batik Pada Baju Kemeja Putih

Menciptakan sebuah lukisan abstrak memang separtinya terlihat mudah, seakan hanya menggoreskan cat lukis secara asal atau terkadang mencipratkan cat secara asal. Namun tidak hanya demikian yang dilakukan seniman pelukis abstrak. Setiap karyanya pasti memiliki alur proses atau cerita yang jelas meski sulit dipahami. Dan dibalik setiap pewarnaan yang terlihat berantakan itu terselip ilmu dan teknik tinggi buah dari pengalaman bertahun-tahun melukis para seniman.

Kali ini e1creative mencoba menerapkan sedikit tambahan gaya abstrak pada karya lukisannya. Memang masih terlihat belum sempurna, karena kami faham bahwa kami masih terus belajar. Dan hasil lukisan ini pun masih dalam tahap pengembangan produk. Sehingga masih butuh waktu panjang untuk menyempurnakan karya kami menjadi lebih baik lagi.

Tampilan lukisan baju kemeja koko tersebut masih sangat sederhana, namun lumayan bagus dan terlihat gagah dikenakan.

Lukisan kemeja tersebut menggunakan teknik gutta outliner dan cat lukis jenis silk untuk kain berwarna putih atau muda.

Proses melukisnya pertama-tama kita buat pola batik dengan menggunakan gutta atau outliner berwarna hitam. Gutta tersebut berisi cat lukis jenis tekstil. Gutta adalah istilah nama untuk cat lukis kain khusus membuat garis, berupa botol berujung lancip lobang kecil berisi cat, melukisnya dengan cara dipencet sambil mengikuti garis pola lukisan. Mirip tipe-√ó pada alat tulis untuk menghapus tulisan.

Baca Juga :  Fabric Painting Tips !

Selanjutnya setelah membuat garis pola berwarna hitam dan keringkan garis tersebut. Kemudian gunakan cat jenis silk berwarna hitam untuk pewarnaan dasar. Gunakan air bersih untuk mengkombinasi cat hitam membaurkan menjadi warna abu-abu dan kadang gunakan lebih banyak air sehingga warna menjadi abu-abu sangat muda. Proses penyelingan cat silk dengan air akan membuat gradasi warna menjadi halus. Karena sifat cat silk yang encer maka akan menyatu sempurna dengan air.

Lalu keringkan cat dan gradasi air tersebut. Selanjutnya tambahkan percikan percikan cat silk hitam pada background lukisan. Percikan terlihat menyebar dan menimpa dibidang gradasi hitam juga pada bidang baju yang putih tanpa gradasi. Membuat kesan seperti ketumpahan atau kecipratan cat.

Kemudian keringkan kembali percikan hitam tersebut. Terahir adalah penambahan warna merah pada beberapa bidang batik. Tetap gunakan cat silk untuk mengisi bidang batik tersebut. Lalu keringkan jika sudah merasa cukup. Dan lukisan pun selesai.

Penggunaan cat lukis silk hanya bisa untuk kain berwarna putih atau muda sekali. Dengan hasil lukisan halus tidak kasar atau tebal. Cat silk bisa diandalkan untuk memproduksi lukisan abstrak pada media kain.

Anda bisa membeli gutta dan cat lukis silk dengan memesan kepada kami. Hubungi kami melalui kontak whatsapp yang tertera di website ini.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Tentang Warna Untuk Belajar Melukis Dan Design

Demikian cukup sekian dulu artikel ini. Semoga kami bisa terus berbagi sedikit ilmu yang kami bisa guna mengembangkan kreatifitas karya bangsa Indonesia. Salam seni budaya Indonesia.

(Visited 27 times, 5 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.