Lukis Kain Sutra Motif Batik Menggunakan Gutta dan Cat Silk

Lukis Kain Sutra Motif Batik Menggunakan Gutta dan Cat Silk

Batik adalah kreasi budaya Indonesia yang sudah mendunia. Semua orang di Indonesia pasti memiliki kain atau baju batik. Baju batik menjadi pakaian resmi untuk kekantor bahkan setiap sekolah memiliki seragam batik yang rutin dipakai di hari tertentu. Oleh karena itu industri batik terus berkembang dari waktu-kewaktu. Dan menjadikan peluang bisnis yang menghidupi sangat banyak orang, mulai dari pengrajin, penjahit, pedagang, pertokoan batik dan lain-lain. Butik dan designer banyak mulai melengkapi koleksi karyanya dengan batik.

Kali ini kita membuat kain batik yang cantik namun bukan dengan cara membatik sepenuhnya. Teknik yang kita gunakan adalah dengan melukis. Dan juga tidak menggunakan peralatan membatik satupun, hanya menggunakan kuas dan cat lukis jenis silk atau cat lukis sutera, juga dibantu botol pencet berujung lancip berisi cat sebagai pembuat garis batas pewarna sutra yang biasa disebut gutta.

Fungsi gutta yaitu sebagai pembatas warna pada gambar saat mewarnai, sama halnya fungsi lilin malam pada batik. Gutta diaplikasikan dengan cara memencet botolnya hingga keluar isi catnya sambil menggaris mengikuti pola gambar design yang dibuat. Lalu biarkan cat garis tersebut kering dan untuk selanjutnya mulai mewarnai menggunakan cat silk. Sifat cat silk yang encer dan menyerap dikain akan ditahan dan dibatasi oleh garis outliner gutta, sehingga pewarna tidak meleber meresap keluar garis.

Dengan cara teknik lukis ini maka membuat batik lukis sutra tidaklah sulit. Setelah selesai pewarnaan, kain lalu dijemur hingga mengering. Dan selesailah proses membatik lukis sutra dengan gutta dan cat silk. Karena kita menggunakan cat lukis silk, maka tidak perlu ada proses fixasi atau penguatan warna maupun proses pelorotan. Karena jenis cat ini akan fix dan permanen tidak luntur setelah kering. Untuk meyakinkan kekuatan cat, anda dapat menyetrika agar rekat cat dikain lebih kuat.

Baca Juga :  Mantap LUKIS KAIN MOTIF ANGGREK Untuk Busana Fashion Wanita

Demikian proses melukis kain batik silk. Semoga bisa menginspirasi kita semua. Bagi anda yang membutuhkan dan ingin membeli cat lukis silk MM dan gutta bisa menghubungi kami di kontak yang tertera pada halaman Contact Us pada web ini. Selamat berkarya.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Share This Interesting Article To

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.