Cara Menggambar Pola Sket Untuk Melukis Kain

Let's Share This Interesting Article To:

Melukis kain memiliki banyak teknik yang bisa diterapkan. Tidak seperti melukis di kertas atau kanvas, karakter jenis kain lebih variatif dan juga jenis cat lukis yang bisa digunakan lebih banyak. Perbedaan cara melukis paling terlihat pada kain adalah kita melukis berdasarkan proses fixasi dari masing-masing jenis cat lukisnya.

Namun dari semua teknik itu, teknik membuat sket gambar atau pola lukis tidaklah banyak berbeda. Sket gambar adalah proses penting dalam pembuatan desain. Ini awal dari rangkaian lukisan kita dibuat.

sket lukisan bunga mawar diatas kain

Alat Dan Cara Membuat Sket Lukisan Diatas Kain

Alat membuat sket pada kain pun tidak beda dengan pola pada kertas atau kanvas. Kita bisa menggunakan pensil, pensil warna, pensil pola jahit, atau langsung menggunakan cat lukis untuk membuat sket gambar.

Tentunya anda bebas memilih alat sket sesuai kebiasaan dan kebutuhan. Juga menyesuaikan kemampuan dan rancangan design lukisan.

Baca Juga :  Mantap LUKIS KAIN MOTIF ANGGREK Untuk Busana Fashion Wanita

Kelebihan dan kekurangan setiap alat adalah sebagai berikut:

  • Pensil, biasanya adalah pensil jenis 2B. Pensil ini bisa sangat tipis untuk membuat sket. Jika anda sudah terbiasa melukis dan minim kesalahan, pensil bisa digunakan. Karena pensil 2B kelemahannya untuk membuat pola adalah sulit dihapus. Dan agak sulit hilang dicuci.
  • Pensil Warna, pensil warna yang bisa digunakan ada dua tipe, yaitu pensil warna klasik atau biasa dan pensil warna jenis aquarel atau water colour. Tipe classic mirip pensil biasa. Sedangkan watercolour akan larut diair jika kain dicuci. Kita bisa menggunakan warna pensil yang berbeda sesuai warna rencana gambar.
  • Pensil Jahit, pensil ini juga memiliki beberapa warna, anda bisa menyesuaikan warna gambar juga menyesuaikan pada warna kain saat membuat pola sket. Pensil ini juga mudah hilang pada saat kain dicuci.
  • Langsung Pakai Cat, jika anda sudah mahir dan minim kesalahan saat menggambar sket, maka bisa langsung membuat pola menggunakan cat lukis. Gunakan cat tipis-tipis sekali sehingga tidak mengganggu cat warna diatasnya.
Baca Juga :  Melukis Bunga Mawar Hitam Diatas Baju Gaun Putih

Berikut ini video kami membuat sket lukis kain motif mawar menggunakan cat lukis tekstil langsung. Silahkan ditonton.

Semua cara membuat sket diatas bisa kita terapkan tergantung situasi, kebiasaan dan kemampuan melukis kita. Sket sangat penting karena itu membentuk rancangan awal dari desain lukisan kita.

Jadi harus diusahakan sebaik dan sebagus mungkin. Kecuali jika memang anda sudah mahir dan hafal tema lukisan serta setiap gambar yang akan anda buat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya
(Visited 98 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *