20 Cara Tips Dan Trik Melukis Di Produk Berbahan Kain Untuk Hasil Terbaik

Let's Share This Interesting Article To:

Kiat-kiat Terbaik Untuk Lukis Kain

Pada artikel kali ini tuliskan beberapa hal terkait proses Fabric Painting. Melukis desain atau motif di atas kain. Penjelasan yang secara umum ditulis dan dapat membantu untuk panduan anda belajar melukis.

pelatihan kursus lukis jilbab

Pengenalan seni lukis kain yang kami tulis semoga bisa anda ikuti dan terapkan saat melukis.

  1. Cat lukis kain. Saat mulai belajar Anda dapat hanya menyediakan warna cat kain primer saja merah, biru dan kuning, hitam dan putih. Anda bisa berlatih mixing warna. Tetapi selalu lebih baik untuk menyediakan warna cat lebih banyak dan lengkap, untuk memudahkan anda saat menggambar.
  2. Kuas lukis. Anda dapat membeli kuas tipe gepeng dengan nomer kecil 1, 2, 3, 4, 5. Dengan nomer kecil akan mudah untuk melatih setiap goresan. Sediakan juga kuas ujung bulat kecil nomer 00 atau maksimal nomer 1. Kuas bulat kecil ini sangat bagus untuk membuat detail-detail kecil dripada kuas ujung bulat yang lebih besar
  3. Kuas ujung datar juga bisa disebut kuas Shader. Ini sangat cocok untuk shading dan highlight. Anda juga dapat menggunakan kuas ini untuk pencampuran warna.
  4. Kuas bulat kecil untuk Liner. Seperti namanya kuas ini digunakan untuk membuat garis.
  5. Cat akrilik apa bisa digunakan untuk lukisan kain? Jawabannya bisa. Tapi kurang bagus. Karena sifatnya akrilik keras dan kasar.
  6. Anda sebaiknya menggunakan cat tekstil. Cat textile terdiri dari pigmen tersuspensi dalam medium cat yang lebih lembut dan lentur yang diformulasikan khusus untuk digunakan pada kain. Berbeda dengan formula akrilik yang keras.
  7. Tetapi jika Anda tetap ingin pakai cat akrilik, maka sebaiknya campur dahulu akrilik dengan medium textile. Medium textile adalah cairan kental yang tampak buram saat basah tetapi saat mengering bening. Cat Acrylic biasa mengering keras pada permukaan kain dan dapat retak setelah mengering tetapi medium membuatnya lebih mudah dibentuk / fleksibel. Medium dicampur dalam proporsi 1:1 bagian medium dengan akrilik.
  8. Anda dapat menambahkan warna metalik / warna mutiara ke cat lukis Anda untuk membuat kilau dan dimensi kerlip.
  9. Kain katun berwarna terang dengan tenunan yang rapat adalah yang terbaik untuk melukis kain. Kain jenis sifon dan sejenisnya juga enak dilukis. Semua jenis kain bisa dilukis, namun beberapa jenis memang memiliki tingkat kesulitan lebih saat melukis. Seperti kain jenis satin yg agak sulit dilukis.
  10. Anda dapat mencoba melukis pada semua jenis kain, seperti sutra, dan rayon katun / campuran poli, kain quilting, flanel, linen, kanvas, organza, suede, kain terry, beludru, dan sebagian besar kain sintetis. Agar bisa mengenali karakter dan trik melukis disemua bahan.
  11. Coba keahlian Anda menggambar di syal, kerudung, kaos, sepatu, tunik, gorden, sarung bantal, hiasan dinding dll berbagai barang dari kain.
  12. Jika Anda melukis dikain tipis, sebaiknya kain direntang. Jadi saat melukis bagian belakang kain mengambang dan tidak menyentuh apapun. Karena jika dialasi atau ada menempel sesuatu dibelakang, cat akan menempel dan merusak lukisan.
  13. Jika yang dilukis kain tebal. Bisa menggunakan alas triplek, Lembaran styrofoam atau kardus. Sterofoam dilapisi kain agar cat tidak merekat.
  14. Usahakan melukis dengan bersih dan rapi tidak tembus kebelakang bagian baju atau tersenggol cat diluar bidang gambar.
  15. Anda tidak perlu menyediakan kuas untuk setiap warna. Cukup kuas ukuran yang anda butuhkan. Pada saat melukis, untuk mengganti warna cukup cuci kuas sampai bersih lalu mulai goreskan warna lainnya.
  16. Anda bisa mensket pola gambar langsung menggunakan pensil dan bisa juga menjiplak dengan kertas karbon jahit.
  17. Selesai lukis silahkan anda jemur lukisan di terik matahari. Atau bisa anda taruh saja dan biarkan mengering dengan sendirinya.
  18. Setelah kering Setrika lukisan untuk memperkuat daya rekat cat. Setrika dengan dilapisi kain antara lukisan dan setrikaan agar cat tidak nempel.
  19. Hasil lukisan boleh langsung dipakai setelah cat kering dan disetrika.
  20. Perawatan dicuci seperti biasa karena cat tidak akan luntur. Cuci dengan lembut tidak kasar. Gunakan detergen yang tidak terlalu keras sifatnya.
Baca Juga :  10 Teknik Lukis Kain Sederhana Mudah Diikuti Bahkan Oleh Pemula

Demikian beberapa saran dan tips yang bisa anda ingat dan terapkan. Tulisan ini tidaklah lengkap. Masih banyak sekali ilmu seputar seni lukis kain yang bisa anda gali. Kami akan terus berusaha berbagi ilmu yang semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Silahkan baca-baca juga artikel kami yang lain. Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya
(Visited 1 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.