10 Teknik Lukis Kain Sederhana Mudah Diikuti Bahkan Oleh Pemula

Let's Share This Interesting Article To:

Teknik Fabric Painting Sederhana

Melukis kain adalah cara paling sederhana untuk mencetak gambar pada kain Anda sendiri. Dengan cat lukis khusus kain dan kuas, Anda dapat menyulap desain, tekstur, dan pola yang indah pada kain atau baju polos Anda menjadi bermotif sesuai selera. Selesaikan mengubahnya menjadi sebuah karya seni.

Bagi seorang pemula di bidang seni lukis kain, sudah pasti perlu memahami dan menyesuaikan diri dalam menggoreskan kuas dan cat pada kain. Untuk sket pola lukis bisa anda jiplak atau mengikuti langsung dengan pensil. Banyak gambar yg bisa dibuat tergantung tema yg diinginkan.

Untuk tema melukis bunga, bisa mendapatkan ide dari desain di buku mewarnai atau buku pola bordir yang dirasa cocok untuk lukisan kain. Banyak anda bisa searching di internet contoh gambar untuk ditiru.

melukis bareng belajar menggambar anak-anak

Beberapa Teknik lukis yang bisa Anda coba dengan cat lukis kain textile MM adalah sebagai berikut:

  1. Lukisan tangan langsung
  2. Lukisan Dot
  3. Lukisan outliner
  4. Lukisan semprot
  5. Stempel Blok Lukisan
  6. Lukisan basah efek air
  7. Lukisan stensil
  8. Lukisan dengan jari
  9. Tie-dye teknik ikat
  10. One stroke painting

1. Lukisan Tangan Langsung

Ini yang Anda lakukan dalam bereksperimen melukis pakai kuas dan cat ditangan anda dan langsung melukis sesuai selera tanpa banyak rencana. Ambil cat pada kuas Anda dan langsung melukis. Langsung goreskan apa yang ada dibenak anda untuk membuat desain langsung dari pikiran dan menghasilkan lukisan yang baik.

Lukisan kain tangan langsung adalah cara yang bagus untuk membuat anda terbiasa bereksperimen dengan desain. Beberapa sulur sederhana yang digambar ditambahkan dengan bunga diselingi di antara rangkaian desain anda.

Pemberian teknik shading  atau gradasi warna sederhana dapat memberikan desain Anda efek kedalaman. Nuansa gelap terang. Nuansa cahaya tempat cahaya jatuh. Lapiskan shading yang lebih ringan memberikan gambar beberapa detail dan dimensi. Semua membuat lukisan anda lebih indah.

2. Lukisan Dot

Jika Anda sediakan pensil, Anda dapat melakukan teknik mudah ini. Ujung belakang pensil saat dicelupkan ke cat bisa memberi Anda titik-titik yang bagus. Coba pencarian gambar di Google ketik “Dot Mandala” dan Anda akan mendapatkan contoh desain yang cemerlang – dapatkan inspirasi dari mereka dan ciptakan karya Anda sendiri.

Jika Anda menggunakan outliner gutta untuk membuat titik-titik ini, terutama outliner yang merupakan metalik, Anda dapat menciptakan efek manik-manik. Gunakan emas dan perak atau warna metalik lainnya dan buat bordir manik yang keren.

3. Lukisan outliner

Ini adalah metode di mana Anda hanya melakukan garis besar pada gambar untuk mengerjakan seluruh desain. Ini bisa dilakukan dengan kuas liner yang bulat tipis (kuas bulat nomer 00) atau gunakan outliner gutta. Outliners dengan warna serta nuansa sesuaii selera. Outliner bisa datar bisa outliner yang 3D bertekstur timbul.

Baca Juga :  Melukis Bunga Mawar Hitam Diatas Baju Gaun Putih

Anda juga dapat mengisi warna di dalam desain dan kemudian membatasi gambar dengan garis liner.

4. Lukisan Semprot

Isi botol sprayer kecil misal bekas botol minyak wangi dengan warna cat lukis textile MM dan tambahkan air 100% lalu kocok hingga tercampur. Lalu semprotkan pada kain membuat efek bintik-bintik. Dan bisa juga untuk efek percikan cat dengan memercikkan cat menggunakan sikat gigi atau kuas. Cara yang menyenangkan untuk melukis desain secara abstrak.

5. Stempel Blok Lukisan

Lukisan stempel blok dilakukan dengan mengecap. Anda mengaplikasikan cat pada stempel dan capkan gambar untuk tercetak pada kain. Buat blok sayuran adalah cara termudah untuk melakukannya di rumah. Siapa yang tidak punya sayuran di rumah.

Cukup potong sayuran seperti kentang membentuk pola sederhana lalu gunakan sebagai stempel. Ada orang yang membuat lukisan yang luar biasa dengan cara ini.

Bisa juga mencetak stempel langsung misal menggunakan dedaunan untuk membuat gambar berbagai macam bentuk daun.

6. Lukisan Basah Efek Air

Ini adalah metode di mana cat lukis kain digunakan seperti cat air. Cat air memadukan warna di permukaan dengan penambahan air pada cat langsung membuat gradasi dengan air pada kain basah. Efek ini dicapai dengan menggunakan jumlah air yang banyak pada cat dan atau membasahi kain dengann air menggunakan kuas atau spons.

Efek air ini menimbulkan bleber cat pada kain. Cara terbaik untuk ini adalah dengan membasahi desain hanya di bagian gambar tidak keluar garis. Jika melukis cat cair di gambar, kurangi basahan didaerah dekat garis sket. Dengan cara ini warna Anda tidak akan menyebar keluar garis pola gambar.

7. Lukisan Stensil

Cara melukis ini saya kira metode lukisan kain yang paling disukai. Stensil membuat lukisan kain dengan mudah. Stensil adalah cetakan yang dibuat untuk membuat gambar dengan bahan cetakan seperti kertas dan plastik film. Cukup tempatkan stensil siap pakai pada kain dan gunakan kuas atau spons untuk mengisi warna. Ulangi untuk membuat desain yang sama dengan stensil yang sama di mana-mana.

Anda dapat menggunakan selotip untuk menciptakan efek yang sama dengan menerapkan selotip pada area di mana Anda tidak menginginkan cat. Lalu cat warnai kainnya. Lepaskan selotip setelah cat kering.

8. Lukis Jari

Oke, Anda tidak punya kuas dan Anda suka mengotori cat. Jari-jari Anda dapat menciptakan karya seni yang indah. Coba saja, dan Anda bisa melukis dengan bebas. Ada sesuatu perasaan kesenangan yang sangat kekanak-kanakan dalam menggunakan jari-jari Anda untuk melukis langsung ke kain.

9. Tie-dye Teknik Ikat

Pewarna celupan dengan cat lukis kain MM textile yang diencerkan dengan air, atau juga bisa menggunakan cat lukis kain jenis silk yang memang bersifat sudah encer. Ini adalah bentuk lain dari efek air. Ikat kain atau misalkan kaos menggunakann karet gelang atau tali lain, bisa misal diselipkan koin atau kelereng pada ikatan untuk menimbulkan beberapa efek. Ikat dan lipat sesuai insting anda. Bebas saja.

Baca Juga :  Mari Kembangkan Bakat Dan Hobby Anak-Anak Kita

Gunakan kuas untuk memberi cat ke lapisan kain sampai sela-sela ikatan. Bisa juga menggunakan pipet untuk menyedot dan menyebarkan cat. Buka kain dengan segera setelah diwarnai. Biarkan cat Menyebar hingga kering dengan sendirinya.

Jangan cuci selama beberapa hari seperti pada setiap proses pengecatan kain. Atau sampai anda merasa bahwa cat sudah benar-benar kering. Setelah kering bisa disetrika untuk menguatkan daya rekat cat  juga merapikan kain atau kaos.

10. One Stroke Painting

Ini adalah teknik yang sangat indah, bahkan seorang pemula dapat dengan mudah menguasai metode melukis kain ini dan membuat desain yang indah, terutama yang bermotif bunga. Cukup gunakan kuas datar dengan cat tekstile MM gradasi dua warna dan goreskan cat dalam satu sapuan kuas untuk mewarnai kelopak dan desain lainnya. Satu warna atau lebih banyak nuansa warna dapat dimuat pada kuas untuk menciptakan efek berarsir.

Demikian 10 teknik lukis kain yang mudah dipraktekkan oleh semua orang. Teknik yang menghasilkan lukisan unik. Bersenang-senanglah dengan melukis berbagai macam trik lukis kain diatas. Bisa dikombinasikan antara beberapa cara melukis diatas sehingga menghasilkan karya yang indah dan berbeda.

Selamat berkarya.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Let's Share This Interesting Article To:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.