Perkiraan Modal Usaha Lukis Kain, Keuntungan Dan Berapa Lama Balik Modal

Share this onShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

cara melukis kerudung jilbab menggunakan cat textile mm

Tertarik untuk memulai usaha bidang seni lukis kain? Medianya banyak lho, bisa kerudung, baju, kaos, sepatu, tas, taplak, dll. Pangsa pasarnya juga luas dari berbagai kalangan, baik wanita, pria, anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua. Gimana memulainya usaha ini ya? Berapa kira-kira modalnya?

DSC00075

Beberapa pertanyaan tersebut mungkin akan terlintas di benak anda saat terfikirkan untuk memilih bidang usaha ini. Berikut ini akan saya berikan gambaran perhitungan sederhana tentang modal, keuntungan dan balik modal. Kita beri contoh sebagai inspirasi adalah Kerudung Lukis.

Modal Kerudung Lukis:

– Kerudung polos 20 x 10000 = Rp.200.000

– Cat Lukis Kain textile merk MM 1 set = Rp.240.000

– Peralatan seperti Kuas, Palet, Pembidangan = Rp.50.000

– Total Modal = Rp.490.000

Modal yang terhitung sangat kecil bukan. Hanya bermodalkan Rp.490.000 tidak sampai Rp.500.000 anda sudah dapat memulai usaha ini. Bagaimana dengan keuntungannya? Mari kita hitung.

Kita hitung dengan standar harga jual jilbab lukis Rp.50.000 per pcs.

Baca Juga :  KARYA SAHABAT KAOS LUKIS 66 Mantap

– Harga jual kerudung lukis Rp.50.000 – Harga kerudung polos Rp.10.000 – Perkiraan pemakaian cat Rp.5000 – Perkiraan penyusutan peralatan Rp.1000 = Keuntungan Rp.34.000

– Jika anda menjual semua kerudung sejumlah 20, maka keuntungan dihitung : Keuntungan satuan Rp.34.000 x 20 pcs kerudung lukis = total keuntungan Rp.680.000

Wow keuntungan yang sangat besar. Dan menurut perhitungan diatas maka nilai balik modal akan didapat hanya dalam satu kali perputaran modal bahan baku polos. Lantas berapa lamakah perkiraan waktunya untuk balik modal tersebut?

Jika pengerjaan kerudung lukis dikerjakan sendiri dengan perkiraan kemampuan melukis rata-rata 3 pcs perhari dan dapat menjual sejumlah rata-rata 3 pcs per hari, maka jumlah bahan mentah 20 polos akan selesai dilukis hanya dalam 7 hari. Dan jika konsisten penjualan per hari 3 pcs, maka menurut perhitungan sederhana ini modal anda akan balik hanya dalam 7 hari.

Baca Juga :  Beberapa Contoh Pola Melukis Bunga

Bahkan masih ada sisa keuntungan diluar balik modal. Keuntungan lainya adalah peralatan dan sisa cat lukis kain MM yang masih tersisa dan masih dapat digunakan untuk berproduksi.

Begitulah perhitungan sederhana tentang peluang bisnis lukis kain menurut saya sebagai orang awam dibidang ekonomi dan bisnis. Yang hanya mengandalkan ketekunan dan belajar dari pengalaman, khususnya dibidang usaha seni lukis kain ini.

Teruslah semangat dalam berkarya. Karna semangat menjadi modal utama bagi para seniman yang katanya produktifitasnya tergantung mood.

Tambahan, jangan lupa untuk selalu menggunakan cat lukis kain kami Merk MM. Cat textile terbaik di Indonesia. Info dan pemesanan langsung kontak di nomer hp yang tertera di website ini.

Salam Creative dari E1creative.

PAMERAN HARI KOPERASI kerajinan lukis kain kerudung

Related Posts
Share this onShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
(Visited 228 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *